FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN DI RUMAH SAKIT TENTARA BINJAI TAHUN 2016
Sari
Pelayanan merupakan suatu aktivitas atau serangkaian alat yang bersifat tidak kasat mata (tidak dapat diraba), yang terjadi akibat interaksi antara konsumen dengan karyawan atau hal-hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksudkan untuk memecahkan persoalan konsumen (Gronroos,1990 dalam Ratminto dan Winarsih, 2011). Kepuasan pasien adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pasien dipenuhi. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Pengukuran kepuasan pasien merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini terutama sangat penting bagi pelayanan public. Untuk mengetahui kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan di rumah sakit tentara binjai, maka kepuasan pasien terdiri dari medis, pelayanan farmasi, pelayanan fasilitas dan sarana, pelayanan instalasi gizi, , pelayanan administrasi. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan rancangan cross sectional studi , dengan populasi 1634, dan sampel 100. Hasil penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa dari kelima variabel penelitian telah signifikan, masing-masing variabel adalah pelayanan medis (p=0,004; Exp (B) 3,126), pelayanan instalasi gizi (p=0,001 ; exp (B) 6,281), pelayanan farmasi/ apotik (p= 0,000; Exp (B) 1,277, pelayanan sarana dan fasilitas (p=0,001; 1,190) dan pelayanan administrasi (p= 0,000 Exp (B) 1,091). Disarankan Bagi pengelola rumah sakit untuk semakin meningkatkan mutu layanan pada semua bidang pelayanan rumah sakit dengan memberikan bimbingan dan pembinaan secara professional, sehingga dapat terselenggara pelayanan yang sesuai dengan standar dan kode etik yang berlaku. Kata kunci : Pelayanan medis, farmasi, instalasi gizi, laboratorium, sarana dan administrasi, kepuasan pasien
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
View My Journal Stats